Yang Harus Dipercaya dan Tak Dipercaya dari Orang Tionghoa

ilustrasi (cnn.com)


Jangan pernah mempercayai mereka ketika mereka mengatakan sesuatu karena kesopanan. Inilah panduan singkat tentang bagaimana Anda harus mengatakan ketika mereka bersungguh-sungguh atau mereka bersikap sopan, dan apa yang harus Anda lakukan ketika Anda melihat mereka bersikap sopan atau tidak.


1. Tentang Makan


Ketika orang-orang Tionghoa meminta Anda ke rumah mereka atau mengatakan bahwa mereka ingin makan bersama Anda lain kali, jangan percaya itu. Terkadang mereka bersungguh-sungguh karena mereka benar-benar ingin menjalin hubungan dengan Anda. Dalam kebanyakan kasus, mereka mengatakan itu karena mereka ingin menunjukkan rasa hormat. Ini menarik karena makan bagi banyak orang Tionghoa generasi tua, prioritas nomor satu.


Orang-orang saling menyapa dengan bertanya apakah mereka telah makan sesuatu. Mereka berbicara tentang makanan dan mengajar satu sama lain tentang cara membuat hidangan tertentu dan di mana tempat terbaik untuk makan masakan tertentu. Hal hal tersebut adalah topik yang sangat penting untuk dibicarakan.


Di luar kesopanan mereka, dan dalam kebanyakan kasus seperti "kita harus makan bersama lain kali", mereka benar-benar tidak meminta Anda untuk makan bersama Anda, jadi balas saja sebagai "terima kasih" atau "Aku akan datang" atau jawaban lainnya. Namun jika mereka mengajak pada suatu jamuan maka cobalah datang tepat waktu karena mereka tidak ingin makanan mereka menjadi dingin ketika Anda duduk bersama mereka.


2. Tentang Minum


Ketika orang-orang Tionghoa mengatakan kepada Anda bahwa mereka tidak minum, itu berarti mereka tidak ingin minum dengan Anda. Ketika mereka memberi tahu Anda bahwa mereka tidak bisa minum, tidak mampu minum alkohol, jangan memaksa mereka untuk minum bersama Anda. Ketika mereka mengatakan mereka memiliki alergi terhadap alkohol atau memiliki ketidakmampuan fisik dengan alkohol, Anda lebih baik percaya bahwa karena jika mereka hanya tidak ingin minum dengan Anda, mereka akan mengatakan mereka tidak minum, tidak perlu bagi mereka untuk berbohong tentang kondisi medis mereka. Jika Anda melihat mereka minum dengan seseorang, itu berarti Anda bahkan tidak dekat dengan orang itu.


Jika mereka mengatakan mereka dapat minum sangat sedikit, itu berarti mereka pecandu alkohol. Jangan meremehkan kemampuan mereka dalam minum. Jika seseorang memberi tahu Anda bahwa ia banyak minum, jangan percaya itu karena biasanya itu berarti mereka dihadapkan dengan hanya satu atau dua tegukan. Ketika orang-orang Tionghoa bersedia menunjukkan kepada Anda bagaimana mereka terlihat ketika mereka mabuk, itu berarti Anda adalah teman terbaik mereka selamanya.


3. Tentang Sosial


Ketika Anda membaca twitter dan menemukan seseorang mengatakan bahwa mereka berasal dari daratan Tiongkok dan mengklaim bahwa mereka mendukung protes Hong Kong atau pemerintah Tsai Ing-wen di Taiwan. Jangan pernah percaya bahwa ini adalah kata-kata yang keluar dari ucapan orang Tiongkok daratan. Karena orang-orang Tiongkok daratan hampir tidak menyoroti dari mana mereka berasal, ketika mereka melakukannya, mereka mengatakan sesuatu seperti "Aku dari Fujian" atau "Aku dari Beijing".


Ketika Anda menemukan seseorang yang mengatakan bahwa mereka berasal dari daratan tetapi tidak menyebutkan nama tempat tertentu, jangan percayai mereka sama sekali. Itu hanya beberapa trik yang tiba-tiba ingin ditunjukkan orang-orang kepada Anda, dan ingin membingungkan orang-orang yang tidak tahu apa-apa.


Orang Tionghoa umumnya sangat pendiam. Tapi ketenangan itu ada dalam kisaran tertentu dan di antara orang-orang tertentu. Orang Jepang juga sangat pemalu dan pendiam, dan sebagian besar orang Tionghoa, orang-orang yang tidak dapat Anda ingat dari mana mereka berasal dan tidak pernah mengangkat tangan mereka di ruang kelas. Malu tidak sama dengan tidak ramah atau tidak pernah ingin punya teman.


Itulah beberapa pengalaman tentang apa yang dipercaya dan tak dipercaya tentang orang Tionghoa. Meskipun hanya sekelumit, namun pengalaman ini dapat memberikan anda sedikit pengetahuan.


#mandarin #belajar #china #tionghoa #sosial #budaya