Seberapa Sulitkah Bahasa Mandarin ?


ilustrasi (china-admissions.com)


Bahasa Mandarin bisa dibilang bahasa yang paling sulit untuk dipelajari karena kerumitan karakter serta pengucapannya. Berdasarkan laporan penelitian pemerintah AS ditemukan bahwa diperlukan 2.200 jam pelajaran khusus untuk mendapatkan kelancaran dasar bahasa Mandarin, sedangkan hanya 700 jam untuk bahasa Perancis dan Spanyol. Jelas, bahasa Mandarin tampaknya lebih sulit daripada bahasa Prancis dan Spanyol.


Untuk menjawab berapa banyak waktu yang dibutuhkan seseorang untuk belajar bahasa Mandarin maka jawabannya akan tergantung pada banyak faktor. Misalnya, jika Anda hanya ingin bepergian ke Tiongkok selama beberapa minggu, mungkin belajar dari buku percakapan singkat atau frasa-frasa sederhana dari buku yang berisi pinyin mungkin sudah sangat membantu.


Jika Anda ingin tinggal di Tiongkok selama 1-2 tahun, Anda dapat menemukan buku-buku tingkat dasar dan mempelajari konten dasar gaya hidup terkait, seperti berbelanja, bagaimana membuka Baidu, mencari petunjuk atau arah, mengunjungi rumah sakit, berkomunikasi dengan teman melalui Wechat, memesan tiket kereta, dll.


Namun jika Anda ingin belajar bahasa Mandarin dan memiliki kemampuan setara dengan penduduk asli, maka situasinya akan jauh berbeda dan membutuhkan tenaga dan waktu yang sangat banyak. Anda harus menghabiskan sekitar 7 sampai 8 tahun untuk belajar bahasa Mandarin dengan sangat serius. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang harus Anda pertimbangkan jika ini memiki kemampuan bahasa Mandarin dengan mahir.


Belajar langsung ke Tiongkok, rela menghabiskan bertahun-tahun tinggal di sana. Saya perrnah tinggal di Beijing selama lebih dari 4 tahun, dan kota ini sangat mendukung untuk pembelajaran bahasa Mandarin karena terdapat universitas-universitas terkemuka untuk pelajar internasional belajar bahasa Mandarin. Selain Beijing pun ada lusinan kota dan provinsi serta ratusan universitas yang membuka program bahasa Mandarin.


Cara yang lain adalah mencari pekerjaan di mana sebagian besar kolega Anda adalah orang Tionghoa (penutur asli Mandarin). Lakukan semua hal sehari-hari Anda atau pekerjaan anda dalam bahasa Mandarin. Tetap bergaul dengan teman-teman Tionghoa, habiskan banyak waktu sebanyak mungkin dengan mereka.


Sewaktu anda benar-benar berkonsentrasi belajar bahasa ini hindari sering bergaul dengan orang asing agar bahasa anda tidak tercampur. Belajar menggunakan wechat, Aplikasi berbahasa Mandarin, pelajari budaya Tionghoa. Baca semua buku tingkat dasar, bepergian sebanyak mungkin di Tiongkok, rasakan budayanya. Opsi berkencan dengan orang asli juga salah satu cara yang efektif. Semua usaha tersebut adalah pengalaman hebat. Anda akan berjuang pada awalnya, tetapi Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Oleh karena itu, Anda harus menyelam sedalam-dalamnya dalam bahasa dan budaya.


Yang terakhir, jika anda ingin belajar secara mandiri serta ingin dibantu tutor secara langsung maupun online, kami akan membantu anda secara intensif dan profesional. Hubungi kami segera !


#belajarmandarin #kursusmandarin #lesmandarin #bahasamandarin

2 views