10 Keuntungan Belajar Bahasa Mandarin

Updated: Feb 27


Bahasa Mandarin dituturkan oleh lebih dari 1,2 miliar penutur, baik di Tiongkok maupun negara-negara lain seperti Singapura. Oleh karena itu, manfaat belajar bahasa Mandarin sangatlah besar. Bahasa Mandarin memiliki akar sejarah lama, yang dapat dilacak hingga lebih dari 4.000 tahun yang lalu .


Itulah sebabnya budaya Cina atau Tionghoa juga telah banyak membentuk budaya negara-negara di sekitarnya seperti Korea dan Jepang, termasuk lembaga pendidikan , filsafat, dan bahasa mereka.


Banyak orang percaya bahwa belajar bahasa Mandarin adalah salah satu investasi terbaik yang dapat dilakukan lakukan sekarang. Pernyataan ini mungkin terdengar hiperbolik atau membesar-besarkan. Namun dengan jumlah penuturnya dan kemajuan ekonomi dan teknologi maka pernyataan tersebut sangat masuk akal. Tiongkok adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat dalam 2 dekade terakhir.


Maka dari itu segala aspek komunikasi manusia dalam bidang bisnis, politik, media, hiburan dan lain-lain di seluruh dunia membutuhkan bahasa Mandarin. 1o keuntungan belajar bahasa Mandarin yang disajikan berikut akan menjadi tambahan dorongan yang anda butuhkan untuk akhirnya mengambil untuk belajar bahasa Mandarin.


1. Mampu berkomunikasi dengan lebih dari 1 milyar penduduk di dunia


Seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahasa Mandarin adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, selain daripada Inggris. Di mana pun Anda bepergian atau tinggal di bumi, Anda pasti akan menemukan penutur bahasa Mandarin di sekitar Anda. Mempelajari bahasa Mandarin akan segera membuka kemampuan komunikasi untuk lebih dari 1 milyar orang dan akan bertambah dengan cepat.


2. Membuka peluang kerja baru


Kemampuan untuk berkomunikasi dengan lebih dari satu miliar orang memiliki nilai besar di pasar kerja.Tentu saja, ini termasuk perusahaan di Cina dan negara-negara berbahasa Mandarin lain yang dapat Anda lamar, termasuk di Indonesia yang mana nilai investasi Cina masuk 5 besar dari investasi luar negeri. Selain itu, perusahaan-perusahaan di seluruh dunia berusaha untuk memasuki pasar Cina, dan Anda akan segera membedakan diri Anda jika Anda dapat berbicara bahasa Mandarin. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa Mandarin adalah nilai tambah untuk meraih peluang kerja.


3. Memahami budaya Cina seperti dalam aspek kulinernya


Suka dimsum, wonton, bebek peking, mi tarik, pangsit, ayam kung pao ? begitu juga saya, hehehe... . Ketika kita mendengar masakan ataupun restoran Cina, kita akan masuk ke dalam budaya kuliner yang telah diciptakan ribuan tahun dan mempengaruhi kuliner-kuliner di beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia. Dengan mempelajari bahasa Mandarin, maka anda akan masuk juga ke dalam aspek budaya, khususnya kuliner Cina yang kaya dan otentik, yang anda belum pernah ketahui sebelumnya.


4. Memiliki keunggulan kompetitif di dunia bisnis


Selain meningkatkan karir Anda, belajar bahasa Mandarin juga menguntungkan untuk bisnis, baik Anda sebagai pemilik bisnis atau ingin berbisnis, masa depan bisnis akan banyak ada atau berhubungan dengan China atau Tiongkok, suka atau tidak suka. China, bagaimanapun adalah tempat di mana para pebisnis hebat menjalankan bisnisnya. Maka, memiliki keunggulan kompetitif di dunia bisnis dengan menguasai bahasa Mandarinadalah kesempatan Anda.


5. Membangun relasi yang lebih kuat dengan rekan kerja Tionghoa


Dari teman sekolah, kuliah, hingga rekan kerja, Anda pasti akan memiliki penutur asli atau menguasai bahasa Mandarin dalam hidup Anda. Jika tidak, Anda sendiri yang segera menguasai dan dapat rekan kerja Tionghoa.


6. Menikmati film China, acara TV, dan musik berbahasa Mandarin


Dengan perusahaan-perusahaan produksi seperti Alibaba Pictures, Tencent Pictures, dan lebih banyak lagi yang masuk ke kancah global, hiburan China semakin cepat dengan pesat.Ini tumbuh lebih cepat dengan munculnya saluran distribusi seperti Netflix dan Prime Video. Sementara terjemahan tersedia untuk film China dan acara TV, terjemahan mungkin tidak selalu masuk akal secara langsung. Jika Anda ingin menikmati bentuk hiburan ini dengan kualitas terbaiknya atau anda ingin menjadi seorang penerjemah, maka kesempatan terbaik Anda adalah mempelajari bahasa Mandarin.


7. Bepergian dengan percaya diri di China


Berencana untuk bepergian ke China atau Tiongkok dalam waktu dekat? jika benar, maka belajar bahasa Mandarin adalah apa yang akan membantu Anda dengan mudah. Bahkan jika Anda tidak berencana untuk bepergian ke negara di mana bahasa Mandarin adalah bahasa resmi, orang-orang dari China selalu mengunjungi negara Anda. Pada saat berpariwisata di China Anda juga akan menemukan bahwa tanda, menu, dan komunikasi lainnya disediakan dengan bahasa Mandarin ke mana pun Anda pergi. Oleh karena itu, belajar bahasa Mandarin akan menguntungkan anda dalam bepergian ke China.


8. Meningkatkan fungsi otak Anda


Mengingat bahasa Mandarin menggunakan karakter China atau Hanzi dengan metode menghafal sebagai cara belajarnya, maka Anda harus seringkali berpikir. Bahasa Mandarin adalah bahasa yang sama sekali berbeda dari apa yang biasa Anda gunakan sebagai penutur bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, itulah sebabnya mempelajari ini merupakan latihan yang bagus untuk otak.


9.Belajar bahasa Mandarin tidak sesulit yang Anda kira


Sulitnya belajar bahasa Mandarin jangan sampai terjadi pada Anda. Meskipun ada banyak perbedaan dalam mempelajari bahasa ini, kebanyakan orang menyangka terlalu tinggi betapa sulitnya untuk belajar Mandarin. Ya, pasti ada tantangan untuk belajar bahasa Mandarin, terutama karena karakter hanzi terdiri dari piktogram dan pengucapannya bernada.


Namun berita baiknya adalah ada juga hal-hal yang tidak harus Anda pelajari, seperti tenses, case, gender, atau tata bahasa sederhana lainnya yang diperlukan untuk sebagian besar bahasa lainnya. Mengingat berapa banyak waktu yang biasanya dihabiskan oleh pembelajar bahasa baru untuk mempelajari aturan tata bahasa lainnya, Anda akan mengabaikan semua itu ketika Anda memutuskan untuk belajar bahasa Mandarin.


10. Semakin banyak sumber belajar bahasa Mandarin daripada sebelumnya


Yang lebih penting adalah sumber materi yang tersedia bagi Anda. Mengingat bahasa Mandarin sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, maka pembelajarannya juga dilengkapi dengan opsi yang beragam. Salah satunya adalah kursus online bersama Rumah Mandarin. Kami membantu anda mempelajari bahasa Mandarin dengan profesional dan nyaman.


Anda siap untuk belajar bahasa Mandarin untuk 10 keuntungan di atas ? hubungi kami segera.



#bloggingtips #WixBlog

16 views