Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia Memukau Malam Seni Asia-Afrika


Dokumentasi Pribadi


Malam seni Asia-Afrika yang diselenggarakan oleh Beijing Foreign Studies University (BFSU) pada 13 Oktober 2021 berlangsung semarak. Mahasiswa Tiongkok dari jurusan bahasa Indonesia, Korea, Madagaskar, Myanmar, Thailand, Hausa, Sri Langka, Persia, Laos, dan Tagalog menyuguhkan pertunjukan seni budaya khas yang spektakuler. Penonton yang hadir dalam acara tersebut antara lain dekan Fakultas Studi Asia, dekan Fakultas Studi Afrika, para ketua jurusan, mahasiswa, dan para tamu undangan. Pertunjukkan diselenggarakan di gedung Arab, BFSU.


Dokumentasi Pribadi


Jurusan bahasa Indonesia mendapat perhatian dan apresiasi paling tinggi karena penampilannya yang memukau penonton. Mahasiswa jurusan bahasa Indonesia menampilkan perpaduan musik dan tari modern. Lagu yang mereka nyanyikan adalah Meraih Bintang, soundtrack Asian Games 2018 dan lagu Rasa Sayange, salah satu lagu daerah Indoensia yang populer. Mereka menyanyikan lagu Rasa Sayange sambil memainkan angklung toel khas Sunda. Irama kedua lagu yang energik membangkitkan semangat para penonton. Mereka pun bergoyang serentak mengikuti alunan lagu dan gerak.


Penonton tidak hanya terpukau dengan tarian yang energik dan suara yang lantang, namun mereka juga terpukau dengan pakaian tradisional Indonesia. Hampir semua tamu undangan memberikan tepuk tangan meriah ketika mereka menaiki panggung. Dekan dan para ketua jurusan pun juga mengapresiasi dengan mengambil foto ketika mereka masuk ke panggung. Mereka terpana dengan pakaian tradisional Indonesia yang kaya rupa dan warna. Mereka disuguhi berbagai macam jenis pakaian tradisional suku-suku nusantara yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.


Mahasiswa peserta pertunjukkan mengenakan pakaian dari suku Batak, Padang, Betawi, Jawa, Madura, Bali, Dayak, Bugis, dan Sunda. Segala unsur dalam detail pakaian tak terlewatkan untuk dinikmati. Pakaian tradisional Indonesia yang kaya unsur seni membuat Indonesia menjadi pusat perhatian. Memang sudah sepantasnya kekayaan seni dan budaya Indonesia lebih terekspos untuk dinikmati dan diapresiasi oleh masyarakat luar Indonesia, khususnya masyarakat Tiongkok. Dengan antusiasnya apresiasi penonton membuktikan bahwa seni budaya Indonesia memiliki nilai tinggi, bersading dengan seni budaya negara-negara besar lainnya.


Penampilan memukau dari jurusan bahasa Indonesia tidak terlepas dari kerja keras para mahasiswa serta dukungan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing. KBRI Beijing mendukung dengan menyediakan pakaian tradisional Indonesia untuk dipakai dalam malam pertunjukan. Atas bantuan yang tak ternilai dari KBRI, jurusan Bahasa Indonesia BFSU mengucapkan terima kasih. Jurusan bahasa Indonesia BFSU akan tetap berkarya demi eratnya persahabatan kedua negara. Penampilan seni budaya Indonesia akan selamanya memukau masyarakat Tiongkok.


#BFSU #BeijingForeignStudiesUniversity #DiplomasiBudaya #DiplomasiBahasa


4 views0 comments