Lima Aplikasi Terbesar di Tiongkok

ilustrasi aplikasi-aplikasi buatan Tiongkok (apptutti.com)


Orang-orang Tiongkok sangat menyukai aplikasi mereka! baik itu untuk memesan makanan, menemukan taksi, mencari tempat, mengakses Wi-Fi dan sebagainya, sepertinya ada aplikasi untuk apa saja yang dibutuhkan untuk memudahkan kehidupan. Jika Anda berkunjung ke sana untuk pertama kalinya, Anda perlu mengetahui aplikasi teratas diTiongkok.


Aplikasi seluler membuat hidup lebih mudah. Di negara yang luas seperti Tiongkok, Anda dapat menghadapi beberapa hambatan jika Anda seorang turis. Namun di zaman ini Anda hanya perlu tahu aplikasi yang paling penting untuk memanfaatkan semasa tinggal atau bisnis Anda. Aplikasi ini memiliki jutaan pengguna, sehingga fiturnya terlihat cukup keren dan aman.


Ketika Anda berada di Tiongkok, Anda tidak dapat hidup tanpa kesepuluh aplikasi ini. Tiongkok adalah salah satu negara yang paling memahami teknologi di dunia ini, juga aplikasi penting untuk bisnis dan juga kelangsungan hidup sehari-hari. Berikut adalah top 10 aplikasi China.


1. WeChat


WeChat pantas mendapat tempat nomor satu dalam daftar ini karena cukup banyak aplikasi all-in-one. Wechat merupakan aplikasi media sosial, namun aplikasi ini bisa melakukan lebih dari itu. Seperti aplikasi komunikasi lainnya, WeChat aman untuk digunakan. Wechat memiliki perlindungan kata sandi jadi kecuali Anda memberikan kata sandi Anda kepada seseorang, mereka tidak dapat mengaksesnya.


Wechat didirikan pada tahun 2011, aplikasi ini terus tumbuh dengan pesat. Jika Wechat adalah yang pertama kali Anda ketahui, maka pikirkan pesaingnya yaitu WhatsApp. Itu bisa memberi Anda gambaran tentang aplikasi ini. Wechat tidak dirancang dan digunakan di Tiongkok saja namun jutaan orang di seluruh dunia memilikinya.


Anda dapat melihat fitur-fitur seperti olah pesan cepat, panggilan video, berbagi foto dan video, dan banyak lagi. Anda dapat menggunakan aplikasi ini di ponsel Anda maupun di komputer desktop atau laptop Anda.


2. AliPay


Aplikasi Alipay adalah untuk Tiongkok seperti apa PayPal untuk Amerika! Ini adalah salah satu aplikasi paling populer dan ada banyak alasan untuk menggunakan aplikasi ini. Di Tiongkok aplikasi ini juga disebut Zhifubao. Orang Tiongkok saat ini tidak dapat hidup tanpa aplikasi ini. Anda akan menggunakannya untuk membayar makanan di restoran, membayar layanan taksi, membeli barang secara online, membayar sewa dan melakukan lebih banyak transaksi lainnya. Alipay adalah aplikasi gratis dan kompatibel dengan teknologi seluler atau bahkan desktop.


Alipay adalah aplikasi belanja ideal di dunia. Manfaat utama dari aplikasi ini adalah Anda akan mendapatkan layanan yang banyak membantu kehidupan sehari-hari. Uang Anda disimpan ketika Anda membeli barang. Setelah Anda memverifikasi barang, pembayaran dilepaskan. Alibaba memiliki aplikasi Alipay sebagaimana menjelaskan popularitasnya di Tiongkok dan banyak negara di Asia.


3. QQ


Telah berdiri selama 20 tahun sejak aplikasi QQ masuk pasar; Anda dapat melihat mengapa QQ adalah salah satu aplikasi paling penting di Tiongkok. Ini adalah aplikasi pesan instan. Pada tahun 2002, mereka memutuskan untuk mulai membebankan biaya kepada pengguna. Hari ini, aplikasi ini memiliki basis pengguna yang luas yang mendekati 1 miliar.


Aplikasi ini dapat menerjemahkan pesan ke lebih dari 50 bahasa secara instan. Ini membantu mempermudah komunikasi antar komunitas. Meskipun aplikasi QQ multi-bahasa dirilis pada tahun 2017, aplikasi ini telah menjadi sangat populer dalam waktu singkat telah dalam pelayanan.


4. Taobao


Ketika Anda menggunakan Amazon di AS atau Tokopedia di Indonesia, maka orang Tiongkok memiliki TaoBao. Aplikasi ini adalah aplikasi eCommerce yang dirancang untuk digunakan berdasarkan C2C (konsumen ke konsumen). Pada 2018, Taobao memiliki lebih dari 600 juta pengguna.


Anda dapat membuat daftar barang untuk dijual di situs eCommerce ini. Anda dapat menjual dengan harga tetap, atau Anda dapat membuat pelelangan di mana orang menawar barang tersebut. Dengan omset lebih dari $ 400 miliar pada tahun 2017, taobao adalah salah satu situs eCommerce terbesar di dunia. Apakah Anda menjual atau membeli, Anda bisa yakin akan terhubung dengan jutaan orang lainnya.


Karena TaoBao adalah aplikasi belanja China, Anda sebenarnya terhubung ke ratusan toko online. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk belanja fashion, elektronik, dan barang-barang lainnya. Tarif pengiriman domestik lebih rendah dan sebagian besar penjual di aplikasi ini menjual barang-barang mereka dengan harga super murah.


5. Baidu


Anda dapat menganggap Baidu sebagai Google-nya Tiongkok karena membantu Anda memenuhi begitu banyak kebutuhan. Baidu adalah mesin pencari terbesar di Tiongkok dan peringkat nomor dua di dunia. Baidu adalah salah satu aplikasi pencari teratas di Tiongkok.


Jika Anda seorang yang sedang bepergian di Tiongkok, Anda harus segera menginstal Baidu. Baidu memiliki Baidu Maps. Mirip dengan google maps, aplikasi ini akan membantu Anda berkeliling dengan mudah. Ada ribuan fitur, beberapa dibuat untuk komunitas, dan beberapa untuk pencarian khusus. Baidu Knows adalah untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang mungkin Anda miliki. Cukup kirimkan pertanyaan Anda dan komunitas pengguna akan menjawab Anda.


#tiongkok #china #mandarin #belajarmandarin #aplikasi #teknologi #digital