Kelebihan dan Kekurangan Membeli Barang Lewat Alibaba

Updated: Mar 6

Alibaba (ilustrasi)


Untuk memulai suatu bisnis online maupun secara langsung Anda perlu dua hal penting, yakni ide produk dan penawaran. Jika Anda sudah memikirkan produk yang sedang tren dan rencana bisnis Anda, maka langkah selanjutnya adalah menemukan pemasok yang tepat. Namun sumber produk Anda yang berasal dari luar negeri tampak seperti menakutkan bagi pengusaha online baru.


Banyak pengusaha ingin mendapatkan barang dari pemasok secara efektif dan aman untuk ide produk Anda lewat Alibaba. Alibaba adalah perusahaan e-commerce terbesar di dunia (lebih besar dari gabungan Amazon dan eBay) dan juga memiliki direktori paling komprehensif yang menghubungkan pemasok (kebanyakan dari Asia) dengan pembeli dari seluruh dunia. Alibaba benar-benar memiliki jutaan produk dari ratusan ribu pemasok.


Alasan paling umum dari banyak pengusaha melirik ke Tiongkok untuk pemasok produk adalah mengambil keuntungan dari biaya produksi yang rendah. Biaya manufaktur di Tiongkok bisa jauh lebih rendah daripada Indonesia maupun negara lainnya. Biaya produk lebih murah itu alasan yang paling umum, tetapi bukan satu-satunya alasan Tiongkok adalah tempat yang menarik untuk mencari pemasok, ada beberapa manfaat lainnya, yaitu:


  1. Biaya produksi lebih rendah

  2. Pemasok umumnya jauh lebih terbuka untuk bekerja dengan bisnis yang lebih kecil dan menyediakan jumlah yang lebih kecil

  3. Jumlah pemasok yang banyak untuk dipilih

  4. Untuk banyak produk, Tiongkok mungkin satu-satunya tempat yang memproduksi barang tersebut

  5. Layanan satu atap seperti Alibaba telah mempermudah navigasi dan pembelian dari pemasok

  6. Seiring dengan keuntungan sumber dari pemasok luar negeri juga datang beberapa


Namun juga ada beberapa kelemahan, antara lain :


  1. Persepsi kualitas yang lebih rendah

  2. Standar manufaktur dan tenaga kerja yang lebih rendah

  3. Hampir tidak ada perlindungan kekayaan intelektual

  4. Hambatan bahasa dan komunikasi bisa sulit diatasi

  5. Sulit serta mahal untuk memverifikasi dan mengunjungi langsung di tempat

  6. Waktu pengiriman lebih lama

  7. Perbedaan budaya dalam praktik bisnis

  8. Impor produk dan bea cukai

  9. Tingkat keamanan dan bantuan pembayaran yang lebih rendah


Selain itu, masih ada kekurangan seperti adaya penipuan-penipuan dalam proses berbelanja di Alibaba. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka pelajari lebih teliti dan waspada terhadap segala bentuk penipuan ketika anda berbelanja di Alibaba.


116 views