Belajar, Bekerja, dan Jalan-Jalan di Tiongkok

ilusrtasi (ttrweekly.com)


Ada banyak jenis orang asing yang datang ke Tiongkok. Sebagian orang asing datang ke Tiongkok untuk bepergian dan merasakan budaya Asia Timur yang khas, sebagian yang lain datang untuk belajar dan beberapa juga untuk bekerja. Ada juga sebagian yang menginginkan semuanya pada saat yang bersamaan. Pengalaman di Tiongkok itu sekarang dapat dijangkau oleh semua orang.


Tiongkok tentu adalah salah satu negara besar yang masih eksotis dalam banyak aspek. Di satu sisi dikembangkan kawasan bisnis yang penuh dengan gedung pencakar langit yang mewah, sementara di pasar malam tradisional menyajikan kalajengking goreng. Namun orang-orang dengan adat dan budaya mereka itulah, Tiongkok masih tetap menjadi tempat yang unik untuk dijelajahi. Banyak orang asing yang menyimak media cenderung memiliki persepsi yang salah tentang Tiongkok karena media biasanya fokus pada berita terkesan aneh dan mengejutkan. Salah satu dari ketidakpercayaan ini mungkin tentang pendidikan di Tiongkok. Apakah Tiongkok benar-benar memiliki pendidikan kelas dunia? Apakah layak belajar di Tiongkok ?


Berita terbaru mungkin menjelaskan jawaban. Delapan universitas di Tiongkok memiliki peringkat di TOP 200. Universitas Tsinghua bahkan berhasil mencapai top 10 dunia. Oleh karena itu, mahasiswa asing Tiongkok yang sedang memiliki banyak kesempatan kerja. Juga Tiongkok baru-baru ini memenangkan Hadiah Nobel pertama dalam sains, yang membuat orang-orang Tiongkok sangat bangga, karena Hadiah Nobel dalam sains adalah tanda pendidikan yang berkualitas.


Tetapi survei dan berita bisa saja tidak jelas dan tidak terlalu membantu bagi seseorang yang mempertimbangkan untuk belajar di Tiongkok. Maka kita bisa uraikan salah satu program di Universitas Tsinghua dan lihat bagaimana hasilnya. Program Master Hukum adalah program satu tahun yang ditawarkan oleh Fakultas Hukum di Universitas Tsinghua. Ini adalah program pertama di Tiongkok dalam bahasa Inggris untuk orang asing. Master Hukum atau Master of Law atau gelar sarjana hukum yang sebanding dengan MBA untuk bisnis.


Pengalaman di Tiongkok tidak hanya belajar tetapi juga bepergian, menjelajahi negara yang sangat luas di Asia. Ada beberapa hal yang membuat lulusan program ini dapat digunakan di seluruh dunia. Pertama, Anda dihadapkan pada sistem hukum Tiongkok di kelas dan juga pada kenyataannya melalui kunjungan pengadilan dengan proses nyata dan pengalaman praktis. Kedua, Anda dapat mengalami Tiongkok juga dari perspektif pekerjaan. Terakhir, Tsinghua mengatur banyak perjalanan untuk menjelajahi budaya Tiongkok. Kunjungan Tembok Besar atau tempat-tempat penting lainnya juga merupakan bagian dari studi ini. Oleh karena itu, program ini menawarkan Anda pengalaman menyeluruh di Tiongkok, yang menjadikan para mahasiswa profesional yang berpengetahuan luas.


Banyak mahasiswa internasional dari Eropa pergi ke A.S. atau negara "barat" lainnya selama liburan musim panas untuk program Work & Travel. Dalam program ini mereka pertama kali bekerja selama beberapa bulan sebagai penjaga pantai atau resepsionis di kolam renang masyarakat atau di taman hiburan. Kemudian setelah musim akhirnya mereka dapat menghabiskan uang yang diperoleh dan melakukan perjalanan di sekitar A.S. selama beberapa minggu, sebelum mereka harus kembali ke rumah.


Ada juga beberapa program lain seperti Study & Travel yang pada dasarnya bekerja dengan cara yang sama, tetapi alih-alih bekerja, Anda biasanya belajar. Program Studi & Perjalanan Wisata biasanya berfokus pada bahasa Inggris, memakan waktu sekitar satu tahun, dan siswa tidak bisa mendapatkan gelar setelah selesai. Terlepas dari kenyataan bahwa program-program ini tidak memberi siswa gelar, mereka sangat mahal, tidak hanya karena biaya program yang tinggi, tetapi juga karena biaya hidup yang tinggi di negara-negara seperti AS atau Australia. Meskipun layak mengunjungi negara-negara ini untuk bepergian, pengalaman budaya mungkin tidak jauh berbeda dari negara-negara maju lainnya. Gegar budaya yang membuat perjalanan begitu menyenangkan mungkin bukan kejutan sama sekali.


Belajar, bekerja, dan bepergian di Tiongkok ? Ya, benar. Tiongkok menang atas program-program ini, karena Anda dapat melakukan semuanya di sini. Anda dapat belajar, bekerja, dan berpariwisata. Pada saat yang sama Anda bekerja pada karir Anda langkah demi langkah, tidak hanya dengan mendapatkan pengalaman, tetapi juga gelar.


#tiongkok #mandarin #belajar #bekerja