5 Universitas Terbaik di Tiongkok

Pendidikan tinggi di Tiongkok telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir yang mana semakin banyak universitas muncul di daftar World University Rankings 2020. Dan siapa yang tidak ingin belajar di sana?


Ilustrasi (flickr.com)


Tiongkok adalah sebuah negara yang sangat besar, rumah bagi hampir 20 persen orang di Bumi, Tiongkok memiliki salah satu ekonomi berkembang sangat cepat dalam beberapa dekade terakhir. Dari masakan hingga budaya, Tiongkok menawarkan sesuatu yang sepenuhnya unik. Selain itu, negara besar ini adalah rumah bagi beberapa lanskap paling beragam dan menakjubkan di planet ini; dari pegunungan, desa-desa, dan bahkan kota-kota besar yang memiliki lusinan gedung pencakar langit.


Dengan perkembangan yang sangat pesat tersebut, dunia pendidikan di Tiongkok pun semakin banyak diincar, khususnya pendidikan tinggi di universitas. Berikut adalah 5 universtas terbaik di Tiongkok.


1. Universitas Tsinghua


Universitas Tsinghua terletak di Distrik Haidian, Beijing. Universitas ini didirikan pada tahun 1911. Sampai saat ini masih mempertahankan gedung-gedung berarsitektur tradisionalnya, namun juga disandingkan dengan banyak bangunan yang dibangun dengan gaya barat, yang mencerminkan pengaruh Amerika.


Tsinghua adalah universitas riset yang komprehensif. Terdapat 20 fakultas dan 54 jurusan mencakup disiplin ilmu dalam bidang seni, ekonomi, pendidikan, teknik, sejarah, manajemen, kedokteran, hukum, sastra, filsafat, dan ilmu pengetahuan lainnya. Dalam hal kehidupan di luar kuliah, universitas ini memiliki lebih dari 110 asosiasi mahasiswa yang mencakup sains dan teknologi, olahraga, seni, dan kesejahteraan masyarakat.


Universitas Tsinghua menghasilkan banyak orang sukses dalam bidang politik, akademisi, dan industri telah lulus dari Universitas Tsinghua, termasuk dua pemenang hadiah Nobel, Tsung-Dao Lee dan Yang Chen Ning.


2. Universtas Peking


Jika disejajarkan sesuai reputasinya, maka Universitas Peking adalah universitas yang sekelas Ivy League di AS dan pada umumnya berperingkat tertinggi di Tiongkok, selain daripada Tsinghua. Universitas ini adalah universitas nasional modern pertama di Tiongkok yang didirikan pada tahun 1898.


Kampus ini terletak di distrik Haidian di barat laut Beijing. Kampus ini juga rumah bagi beberapa taman ibukota dan arsitektur tradisional yang paling menonjol. Beberapa gerbang mengarah ke kampus, dengan Gerbang Barat menjadi yang paling terkenal dengan mural yang dilukis di langit-langitnya.


Universitas ini telah membentuk program kerjasama dengan Universitas Cornell, Universitas Yale, Universitas Waseda, Universitas Nasional Seoul dan Universitas Tokyo untuk mendorong pertukaran mahasiswa internasional.


3. Universitas Sains dan Teknologi Tiongkok


Universitas Sains dan Teknologi Tiongkok adalah universitas riset nasional yang terletak di Hefei, provinsi Anhui. Universsitas ini didirikan untuk meningkatkan pendidikan sains dan teknologi di Tiongkok. Terdapat total 15 fakultas yang mengajar ilmu fisika, biologi, rekayasa perangkat lunak dan teknologi elektronik-optik, dan banyak disiplin ilmu dan teknologi lainnya. Kampus ini memiliki perpustakaan besar, jaringan komputer canggih, dan rumah sakit yang merawat mahasiswa, karyawan, dan keluarga mereka, serta menyediakan fasilitas pengajaran untuk mahasiswa kedokteran.


4. Universitas Zhejiang


Universitas Zhejiang adalah salah satu universitas tertua dan paling selektif di Tiongkok yang didirikan pada tahun 1897. Penelitian di universitas ini mencakup 12 disiplin ilmu, yaitu pertanian; seni; ekonomi; pendidikan; teknik; sejarah; hukum; literatur; pengelolaan; obat; ilmu alam; dan filsafat. Sejumlah pusat penelitian berlokasi di kampus, termasuk enam pusat penelitian teknik, pusat penelitian ilmu humaniora dan ilmu sosial, dan 13 akademi studi independen. Universitas ini memiliki kemitraan strategis dengan lebih dari 140 universitas di 30 negara di seluruh dunia, termasuk Imperial College London, Universitas Princeton dan University of Illinois.


5. Universitas Fudan


Universitas Fudan memiliki empat kampus di pusat kota Shanghai: Handan, Fenglin, Zhangjiang dan Jiangwan. Universitas ini menggunakan pendekatan seni merdeka belajar untuk mengajar, dengan sejumlah mata kuliahnya diajarkan dalam bahasa Inggris. Internasionalisasi juga merupakan prioritas tinggi di lembaga dengan koneksi global dan program pertukaran di hampir 200 universitas luar negeri termasuk Universitas Columbia, Universitas Toronto, Universitas Sydney, Universitas Manchester.


Siswa juga didorong untuk melakukan pertukaran internasional, dengan sekitar 40 persen memilih untuk melakukan ini. Universitas ini sangat selektif, dengan kurang dari 0,2 persen peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi Nasional (Gaokao) diterima.