100 Idiom Bahasa Mandarin


Ilustrasi


Di dalam berkomunikasi lisan maupun tulisan, seseorang adakalanya menggunakan idiom. Ungkapan besar kepala dalam bahasa Indonesia atau blessing in disguise dalam bahasa Inggris adalah contoh dari suatu idiom. Ahli linguistik Saussure memberi definisi idiom sebagai ungkapan beku yang tidak dapat diubah dan menimbulkan makna khas. Seseorang menggunakan idiom untuk berbagai maksud, seperti : menghaluskan makna, menambah rasa makna atau bahkan mempertajam makna, menunjukkan kemahiran seseorang dalam berbahasa, menasihati, dan lain-lain.


Idiom bahasa Mandarin yang disajikan dalam buku ini disebut chéngyǔ yang berciri khas, yaitu terdiri dari 4 karakter. Chéngyǔ dianggap sebagai warisan kebijaksanaan yang budaya Tiongkok sebagaimana berisi pengalaman, konsep moral, nasihat, dan peringatan dari generasi sebelumnya. Diperkirakan terdapat lebih dari 20.000 chéngyǔ dan untuk mempelajarinya adalah suatu tantangan besar selain daripada menghafalkan karakter hanzi atau kosakata bahasa Mandarin.


Sebagian besar chéngyǔ didapatkan dari sumber tertulis seperti karya-karya sastra dari berbagai dinasti. Saat ini, chéngyǔ masih memainkan peran penting dalam percakapan ataupun tulisan. Seseorang yang mempelajari bahasa Mandarin tentu juga akan mempelajari chéngyǔ , bahkan chéngyǔ akan diujikan dalam berbagai macam tes. Oleh karena itu, mengetahui dan mengusai chéngyǔ adalah tanda kecerdasan dan keintelektualan dalam berbahasa Mandarin. Selain itu, karena chéngyǔ banyak yang berasal dari cerita rakyat dan sejarah, mempelajari chéngyǔ juga dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan apresiasi budaya Tiongkok.


Buku ini menyajikan 100 idiom atau chéngyǔ , terjemahannya dan cerita di baliknya. Membaca cerita chéngyǔ akan memudahkan memahami makna dan konteksnya, karena seringkali makna chéngyǔ tidak akan mudah dipahami dengan melihat konstruksi karakter pembentuknya begitu saja. Namun dengan membaca asal mula chéngyǔ yang diambil di dalam cerita maka makna dan konteksnya akan lebih mudah dipahami.



Hendy Yuniarto


PDF dapat diunduh di bawah ini:


Idiom Bahasa Mandarin
.pdf
Download PDF • 805KB

6 views